Siapakah B.K.S Iyengar Sang Guru Yoga yang di peringati oleh google




B. K. S. Iyengar, atau Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar adalah pendiri Iyengar Yoga dan salah satu pelatih yoga terkenal di dunia.Ia menulis berbagai buku tentang praktik yoga dan filosofi meliputi Light on Yoga, Light on Pranayama, dan Light on the Yoga Sutras of Patanjali.



Lebih dari praktisi lain, Iyengar bertanggung jawab atas penyebaran minat yoga di barat selama setengah abad terakhir,dilahirkan dalam sebuah keluarga dari 13 anak-anak, hanya 10 di antaranya yang hidup. Ayahnya berasal dari desa Bellur, di negara bagian India selatan Karnataka. Iyengar mempertahankan hubungan dengan desanya itu dan kemudian mendirikan pendidikan, kesehatan masyarakat dan proyek-proyek sosial lainnya . Ketika Iyengar berusia lima tahun, ayahnya meninggalkan desa dan pekerjaannya sebagai kepala sekolah SD, pindah ke Bangalore, di mana ia bekerja sebagai juru tulis.

Iyengar diperkenalkan yoga oleh salah satu saudara-mertuanya, Tirumalai Krishnamacharya, yang mengelola sebuah sekolah yoga didukung oleh maharaja dari negara pangeran selatan Mysore, dan ketika Iyengar adalah 19 mengirimnya ke Pune. Kota yang menjadi rumahnya selama sisa hidupnya, walau pada hari-hari terasa sangat sulit. Dia dipekerjakan oleh Deccan Gymkhana Club. Ada staf yang iri keberhasilannya dan pada suatu malam membakar semua peralatan nya. Setelah tiga tahun bekerja, ia terpaksa meninggalkan pekerjaannya.


Istirahat yang mengubah Iyengar dari seorang guru yoga India relatif jelas menjadi guru internasional datang pada tahun 1952, ketika Menuhin mengunjungi India. Karena Iyengar telah diajarkan filsuf terkenal J. Krishnamurti, ia diminta untuk pergi ke Bombay untuk memenuhi undangan Menuhin, yang dikenal sangat tertarik yoga. Menuhin mengatakan dia sangat lelah  Iyengar mengatakan kepadanya untuk .mengambil suasana santai, dan ia tertidur. Setelah satu jam, Menuhin terbangun segar dan menghabiskan dua jam dengan Iyengar. Menuhin percaya bahwa berlatih yoga meningkatkan aktivitasnya. dan pada tahun 1954 Iyengar diundang ke Swiss. Pada akhir kunjungan itu, ia disajikan pertunjukan drama guru yoga dengan latar di belakang yang tertulis, "Untuk guru biola terbaik, BKS Iyengar".

Sejak saat itu Iyengar mengunjungi barat secara berkala , dan sekolah yang mengajarkan sistem yoganya bermunculan di seluruh dunia. Sekarang ada ratusan pusat yoga Iyengar. Selama perjalanan karir awal, ia harus menghadapi kesalahpahaman dan rasisme. Petugas imigrasi Inggris pikir dia semacam penyihir dan bertanya apakah ia bisa berjalan di atas api, mengunyah kaca atau menelan pisau cukur. Sebuah London hotel pernah sekali menolak untuk menerima dia sebagai tamu sampai Menuhin campur tangan. Bahkan kemudian, Iyengar diberitahu dia tidak bisa makan di ruang makan, dan makanan nya dikirim ke kamarnya.

Iyengar selalu menekankan bahwa yoga adalah suatu disiplin spiritual, menggambarkannya sebagai "pencarian jiwa untuk percikan keilahian dalam diri kita". Ia digunakan untuk memberitahu murid-muridnya untuk "menyadari bahwa saat ini kesadaran spiritual memiliki mengalir di setiap gerakan dan dalam setiap tindakan". Sebagai manfaat yang lebih luas, ia mempertahankan: "Sebelum perdamaian antara bangsa-bangsa kita harus menemukan kedamaian dalam negara kecil yaitu dalam keberadaan kita sendiri". Ia menganggap banyak yoga yang menjadi populer di barat sebagai "tidak lebih dari latihan fisik". Tidak seperti latihan terus-fit barat, dia bersikeras, yoga harus tidak menempatkan ketegangan pada jantung.

Dia berhasil menyembuhkan salah satu muridnya, Nivedita Joshi, dari kondisi tergelincir  yang telah membuatdia tidak bisa bergerak tangan dan kaki. Tapi Iyengar tidak pernah mencari publisitas untuk prestasinya dan hidup sederhana, tidak tergerak oleh terkenal internasional. Awal tahun ini ia dianugerahi kehormatan negara, Padma Vibhushan.

Pernikahan Iyengar untuk Ramamani diatur oleh keluarganya, dan sangat bahagia. Dia mengatakan: "Kami hidup tanpa konflik layaknya dua jiwa kita adalah satu." Dia meninggal ketika usia 96 tahun dan sekolah yoganya di sebut sekolah yoga Pune. Putranya, Prashant, dan putrinya, Geeta, sekarang menjadi guru utama di sekolah yoga itu, dan cucunya, Abhijat, juga mengajar di sana. Ia juga meninggalkan empat anak perempuan lainnya .


Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar, guru yoga, lahir 14 Desember 1918; meninggal 20 Agustus 2014.


No comments:

Post a Comment