Inilah tulisan tulisan tertua di dunia di atas batu






Di awal 2016, ratusan media seluruh dunia melaporkan penemuan bahwa tablet tanah liat kuno mengungkapkan bahwa astronom Babilonia yang lebih canggih daripada yang diyakini sebelumnya. Tulisan berbentuk baji pada tablet, yang dikenal sebagai tulisan paku, menunjukkan bahwa orang kuno menggunakan perhitungan geometris untuk memprediksi gerakan Jupiter. Telah diasumsikan tidak sampai hampir Masehi 1400 bahwa teknik ini pertama kali digunakan-oleh para pakar hebat matematika Inggris dan Perancis. Tapi di sini adalah bukti bahwa hampir 2.000 tahun sebelumnya, orang-orang kuno berkehidupan maju sebagai sarjana era Renaissance.Antusias cerita di media sosial, penemuan ini menangkap imajinasi publik. Secara implisit menantang persepsi bahwa tablet runcing yang digunakan hanya untuk akuntansi dasar, seperti menghitung-hitung biji-bijian, bukan untuk perhitungan astronomi yang rumit. Sementara kebanyakan tablet, pada kenyataannya, digunakan untuk pembukuan atau juru tulis latihan biasa, beberapa dari mereka menanggung prasasti yang menawarkan wawasan yang tak terduga ke rincian menit dan peristiwa penting dalam kehidupan Mesopotamia kuno.

Pertama kali dikembangkan sekitar 3200 SM oleh penulis Sumeria di kota kuno-negara Uruk, di masa kini Irak, sebagai sarana pencatatan transaksi, tulisan paku diciptakan dengan menggunakan stylus buluh untuk membuat lekukan berbentuk baji di tablet tanah liat. Kemudian ahli Taurat akan pahat runcing ke berbagai objek batu juga. kombinasi yang berbeda dari tanda-tanda ini diwakili suku kata, yang pada gilirannya dapat disatukan untuk membentuk kata-kata. Cuneiform sebagai tradisi menulis yang kuat bertahan 3.000 tahun. Script-tidak itu sendiri bahasa-adalah seorang digunakan oleh ahli-ahli Taurat dari beberapa budaya dari waktu ke waktu yang menulis sejumlah bahasa lain selain Sumeria, terutama Akkadia, bahasa Semit yang lingua franca Asyur dan Babilonia Empires

Setelah tulisan paku digantikan oleh tulisan abjad sesaat setelah abad pertama Masehi, ratusan ribu tablet tanah liat dan benda-benda tertulis lainnya menghilang dan tidak dibaca selama hampir 2.000 tahun. Tidak sampai awal abad kesembilan belas, ketika arkeolog pertama mulai menggali tablet, mereka mulai mencoba untuk memahami teks-teks ini. Salah satu kunci awal yang penting untuk mengartikan script terbukti menjadi penemuan semacam paku Rosetta Stone, sekitar tahun 500 SM Prasasti trilingual di lokasi Bisitun Lulus di Iran. Ditulis dalam bahasa Persia, Akkadia, dan bahasa Iran dikenal sebagai Elam, itu mencatat prestasi dari Achaemenid raja Darius Agung (r. 521-486 SM). Dengan mengartikan kata-kata berulang seperti "Darius" dan "raja" dalam bahasa Persia, sarjana mampu perlahan mengumpulkan bagaimana tulisan runcing itu dibaca. Disebut Assyriologists, spesialis ini akhirnya mampu menerjemahkan bahasa yang berbeda yang ditulis dalam cuneiform di banyak era, meskipun beberapa versi awal dari script tetap tak bisa di deskripsikan


Kemampuan membaca tulisan runcing adalah kunci untuk memahami segala macam kegiatan budaya di Dekat kuno Timur-dari menentukan apa yang diketahui dari kosmos dan kerja, untuk kehidupan Agustus raja Asyur, ke rahasia membuat rebusan Babel. Estimasi benda setengah juta paku yang telah digali, banyak masih harus katalog dan diterjemahkan. Di sini, beberapa baik dan contoh bervariasi dari beberapa yang paling menarik yang telah.

Beberapa tulisan kuno mendeskripsikan beberapa hal dalam catatannya.Berikut adalah beberapa contoh diantaranya..

Resep

Resep paling awal dikenal, oleh berabad-abad, yang ditemukan pada tiga tablet  masa Babilonia Lama. Meskipun tampaknya sederhana, petunjuk minimal mereka hanya bisa diikuti oleh koki berpengalaman bekerja untuk eselon tertinggi masyarakat. tablet khusus ini memiliki 25 resep untuk rebusan dan sup, daging dan vegetarian, termasuk beberapa cara meskipun tidak ada pengukuran atau jumlah-untuk memasak rebusan amursanu merpati
 
Tulisan resep kuno


Bagi merpati setengah Lalu tambahkan daging lainnya.

Siapkan air, tambahkan lemak dan garam secukupnya;

Remah roti, bawang, samidu, daun bawang, dan bawang putih

(Pertama merendam herbal dalam susu).

Ketika dimasak, siap untuk melayani.





Dengan pengecualian amursanu, yang mungkin merupakan jenis merpati, dan samidu, rempah-rempah yang tidak diketahui, bahan mungkin bisa dikenali. Tapi hidangan akan, pada kenyataannya, tidak mungkin untuk ditiru, kata Benjamin Foster, kurator Yale Babel Collection. "Orang sering berpikir bahwa karena mereka dapat memasak makanan Arab atau Persia bahwa mereka dapat membuat hal-hal ini, tetapi mereka tidak tahu berapa banyak daerah cara memasak telah berubah oleh penaklukan Muslim.

Pengobatan



Catatan kuno epilepsi
Di Timur Dekat kuno, penyakit itu adalah sebagai salah satu fisik penderitaan spiritual. Setan dan hantu memainkan peran besar dalam diagnosis dan pengobatan, tapi itu tidak berarti bahwa praktek kedokteran tidak ada. Salah satu koleksi teks cuneiform berisi ratusan zat medis aktif. Dan Akhir Babel diagnostik disebut Sakikku manual, atau "Semua Penyakit," mengungkapkan pengamatan diagnostik cermat seorang ashipu, atau dokter-sarjana.contohnya sekitar abad keenam SM, ada sebanyak 40 tablet, termasuk sebuah risalah pada diagnosis epilepsi, atau disebut miqtu, atau juga  "penyakit jatuh." Penulis menjelaskan seluk-beluk presentasi penyakit saraf ini secara detail, memberikan prognosis dasar, dan ascribes berbagai jenis kejang untuk roh jahat tertentu. 






Hukum

Peraturan hukum yang paling terkenal dan paling berpengaruh dari kode hukum Mesopotamia adalah bahwa hukum Raja Hammurabi dari Babilonia (1792-1750 SM). Menampilkan hampir 300 ketentuan yang mencakup topik mulai dari pernikahan dan warisan ,pencurian dan pembunuhan, itu adalah yang paling komprehensif dari kode ini. Sementara itu terkenal termasuk retributif, mata-untuk-sebuah-mata klausa, juga mengambil skenario yang lebih kompleks, memaksakan hukuman keras untuk tuduhan tanpa bukti dan untuk kesalahan yang dibuat oleh hakim.

Prasasti hukum kuno
Fungsi hukum yang tepat dari kode Hammurabi tidak jelas, karena ada beberapa referensi untuk itu dalam catatan hukum dari jamannya. Namun, kata Roth, catatan ini tidak menunjukkan bahwa "ketentuan sebagaimana diuraikan dalam peta Hammurabi ke realitas sehari-hari dengan cara yang cukup dekat." Kode itu juga jelas dimaksudkan untuk membangun Hammurabi sebagai penjamin keadilan bagi rakyatnya. 

Kiasan raja sebagai pelindung tertindas muncul secara teratur dalam prasasti Mesopotamia, tetapi contoh paling awal yang diketahui ditemukan pada beberapa tablet kerucut dikenal sebagai reformasi Urukagina (2350 SM), seorang raja Sumeria negara-kota Lagash, di masa kini Irak. Menurut prasasti, raja ditujukan sejumlah ketidakadilan sosial, termasuk mengurangi kekuatan penilik candi serakah dan mandor kasar. "Ada kesadaran tentang reformasi di dalamnya yang unik sampai sekarang," kata Roth, "dan dalam sejarah datang tentang di sini untuk pertama kalinya."





Prasasti Raja

Prasasti kerajaan adalah salah satu sumber yang paling penting dari sejarah Timur Dekat kuno. Salah satu contoh yang paling menarik ditemukan pada patung Raja Idrimi, yang memerintah Alalakh, sebuah kota di masa kini Turki, di SM abad kelima belas Sebuah paku prasasti panjang berbaring di patung, kisah pengasingan, kemenangan, dan penebusan.

Prasasti raja Idrimi

Bagian dari prasasti yang mencakup pemerintahan Idrimi ini sangat mirip dengan prasasti yang ditinggalkan oleh raja-raja dari seluruh Timur Dekat kuno, dari Hammurabi dan Babilonia (r. 1792-1750 SM) ke Ashurnasirpal II Asyur (r. 883-859 BC) . "Hal-hal yang Idrimi lakukan setelah ia menjadi raja adalah hal-hal yang sama dengan raja Timur Dekat konvensional lakukan dalam prasasti mereka," kata Jacob Lauinger, sebuah Assyriologist di Johns Hopkins University. Namun, Lauinger menambahkan, porsi meliputi pengasingan Idrimi ini lebih mirip dengan cerita-cerita Perjanjian Lama Yusuf dan David, baik anak-anak muda yang mencapai ketinggian yang besar. Sama seperti narasi prasasti adalah hibrida, jadi bahasanya. Hal ini ditulis dalam bahasa Akkadia paku-seperti hanya tepat untuk prasasti kerajaan pada waktu-tapi dengan pengaruh Kanaan yang jelas, seperti penempatan kata kerja pada awal klausa.Meskipun teks berbunyi seolah ditulis oleh Idrimi selama pemerintahannya, sebuah reanalysis terbaru dari stratigrafi patung menunjukkan itu benar-benar mungkin telah ditulis beberapa dekade kemudian. "



2 comments:

  1. Ada 7 tahun saya jadi tki di singapura akhirnya impian saya tercapai untuk pulang ke indonesia,terima kasih MBAH SERO atas bantuannya,saya bisa berkumpul kembali dengan keluarga di kampung,karna melalui jalan togel sekarang saya bisa sukses,ini semua berkat bantuan MBAH SERO yang memberikan angka 4d bocoran singapura,alhamdulillah dapat 250 juta,saya sangat bersyukur kebun orang tua yang dulunya di gadai buat biaya saya untuk berangkat kesingapura,kini sudah saya tebus kembali,tanpa bantuan beliau mungkin belum bisa saya pulang kampung,terima kasih banyak MBAH SERO jasa-jasamu tidak akan saya lupakan,bagi saudarah2 di indonesia maupun di luar negeri butuh bantuan,apalagi yang terlilit hutang silahkan tlpn atau sms di nomor 082 370 357 999 atas nama MBAH SERO,beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberkan hasil,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktikannya,inilah kisah nyata dari saya ibu irma tki singapura..

    ReplyDelete